Naskah Drama: 15 Menit Menuju Taubat by ME!

Ini hanyalah sebuah karya lama yang saya buat saat SMA dulu. Ya, saat saya masih tergabung dalam organisasi keagamaan di sekolah. Kaget ya? Memang banyak yang tidak menyangka bahwa saya ini dulu pernah sempat sedikit agak alim, fase kehidupan. Jadi, naskah ini saya buat untuk tim teater ROHIS SMA saya, TRAGIS: Teater Asik Gaya Islami. #koprolkayangnabraktembok

Sekali lagi, ini hanyalah satu bentuk lain dari apresiasi saya dalam bidang tulis menulis. Oh ya, selain sebagai penulis naskah, saya juga berperan sebagai pemain dalam drama ini loh, hahahaa. ┒(⌣˛⌣)┎

Selamat menikmati. Judulnya “15 Menit Menuju Taubat” #jangantanyakenapa #sumpahudahlupa

Suatu hari sepulang sekolah, ikhwan-ikhwan rohis XX lagi pada nongkrong di mushala. Ada yang lagi baca Al-Qur’an, shalat Zuhur berjamaah, belajar fisika, dan ada juga yang hanya sekedar numpang ngadem di bawah kipas angin mushala. Ya…beginilah suasana sehari-hari di mushala al-kautsar SMAN 3 Depok. Selalu penuh dengan mereka yang gemar memburu pahala dan keridhaan dari Allah SWT.

Yusuf         :Assalamu’alaikum…

Ikhwan       :Wa’alaikum salam…

Ali              :Suf, muka akhi kenapa? Koq ditekuk-tekuk gitu? Tadi pagi lupa sahur ya?

Yusuf         :ngga’, lagian siapa juga yang saum? Ane kesel, keseeeel banget. Sumpah, ngeselin banget. Uuuuuuh, keseel, keseeeeel, keseeeeeeeeel banget!!!!

Qori            :Huusss…..istighfar cup!!! Emangnya kesel kenapa sih?

Yusuf         :Ntu, di kelas ane ada anak baru. Sumpah anaknya belaguuu banget. Masa, ane dikatain kaya’ badut, udah gitu, pas ane ajak sholat zuhur, eh dia malah marah-marah. Abis gitu, dia ngerokok lagi kelas,,, bayangin donk,ngerokok di kelassss!!! Ngeselin banget tau ngga’!

Omen         :Astaghfirullah…keterlaluan banget ya tu orang. Siapa sih namanya,, belum tau ane apa?

Arif            :Apaaan sih lu men! Emangnya ente siape, sampe-sampe ntu anak baru kudu kenal sama ente?

Omen         : bukannya gitu, tapi ya…

Firzie          :Assalamua’alaikum…

Ikhwan       :Wa’alaikum salam…

Firzie          :Eh tau ngga’? antum-antum semua pasti ngga’ percaya sama apa yang baru aja ane liat! Masa tadi ada anak ngga’ dikenal pake seragam smantie ngerokok di depan ruang Wakasek. Trus pas ane sapa, eh dia malah marah-marah ngga’ jelas gitu, pake ngatain ane segala lagi. Yang lebih parah lagi dia tuh ngata-ngatain anak-anak yang lagi pada mau ke mushala.. katanya gini: “ngapain sih mereka sholat? Gw aja yang Islam dari lahir, ga pernah sholat.”. gituu masa..

Ikhwan       :Astaghfirullah…

Yusuf         :Anaknya putih bukan? Terus idungnya mancung, tinggi, rambutnya jabrik, bajunya berantakan dan sepatunya merah?

Firzie          : Persis, akhi kenal? Emangnya siapa sih?

Omen         : Dia itu anak baru di kelasnya Ucup, namanya…siapa suf?

Yusuf         :Namanya Excel, pindahan dari Bangkok.. nih kita lagi ngomongin dia.

Guna          :Astaghfirullah…ngga’ baik ngomongin orang. Su’udzan, fitnah, dosa!!! Emangnya antum-antum semua mau dianggep kaya’ orang-orang yang  memakan bangkai saudaranya sendiri, kaya’ yang ada dalam surat Al-hujurat ayat 12..(ciee, bisa juga ya gw ngedakwah didepan temen-temen gw)…

Ali              :Kita bukannya su’udzan, ini fakta!!

Guna          :Tapi ini kan ghibah, jadi sama aja jeleknya…

Ardian        :Eh udah-udahhh, ngapain sih kita berdebat gara-gara orang yang belum kita kenal..udah yu mendingan kita pulang,  besok kan ada ulangan fisika…

Keesokan paginya, seperti biasa mushala dipenuhi oleh anak-anak yang lagi pada sholat dhuha and juga belajar..maklum hari ini kan ada ulangan fisika…

Firzie   :Gimana nieh, udah pada siap belum buat ulangan fisika entar?

Ardian :Alhamdulillah, soalnya kan waktu mentor jum’at kemaren udah diajarin kaka’ mentornya..

Guna          :Itulah enaknya masuk rohis, disini selain belajar agama, kita juga bisa nanya-nanya tentang pengetahuan umum lainnya. Soalnya banyak alumni rohis yang sekarang udah lulus yang ngga’ sungkan-sungkan ngebagi ilmunya ama kita-kita. Udah gitu anaknya asik-asik lagi, gaul tapi tetap islami. Yang kaya’ gini nih cuman ada di rohis smantie.

Arif            :Tau deh yang anak kader…pake sok-sok promosi segala…

Guna          :Masya allah…

Firzie          :Eh-eh, liat deh! Itukan anak yang kita omongin kemaren..ngapain dia di mushala? Samperin yu…

Ali              :Ngga’ usah, ngapain amat!

Firzie          :Sebagai sesama muslim kita wajib menjalin silaturahim, sesuai dengan sabda Rasulullah yang bunyinya: “barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia menjalin silaturahim.”(berjalan keluar menghampiri Excel)

Firzie          :Assalamu’alaikum,,antum baru yaaa disini? Kenalin, ane Firzie..

Excel          :Excel, loe anak yang kemaren kan? Eh…sori yaa kalo kemaren gw agak kasar.

Firzie          :Ga’ papa lagi,, masuk yu, ane kenalin ama temen-temen yang laen!

Excel          :Temen-temen lu kaya’ lu semua ngga’?

Firzie          :Maksud ente?

Excel          :Yaaa…..kaya’ lu yang tiap hari kerjaannya maen mulu di mushala. Kalo ngga’ sholat, ya baca al-qur’an. Udah gitu ngomongannya pake acara antum-antuman segala lagi,,BASI TAU NGGA’!

Firzie          :Seringkali penampilan itu bisa menipu lho..Gimana klo akhi bukti’in aja sendiri di dalem, kita itu basi apa ngga’…

Excel          :Terserah lo deh,,(firzie & excel masuk ke dalam)

Firzie          :Assalamu’alaikum..guys, kenalin nih Excel, dia murid baru disini.

Excel          :Hai, lagi pada ngapain lo?

Ali              :Ini, lagi belajar fisika..

Excel          :Hari gini masih belajar fisika! BASI..

Ali              :Namanya juga sekolah, yaa belajar lahh…

Excel          :Eh, lo semua anak rohis yaa? Apa enaknya sih jadi anak rohis? Tiap hari kerjaannya cuma ngaji ama sholat doang, ekskul ngga’ kreatif tau nagga. BASI!

Guna          :astagfirullah… kayanya akhi salah persepsi deh tentang ROHIS. ROHIS itu bukan sekedar ekskul, tapi organisasi di SMAN 3 DEPOK. Rohis itu beranggotakan seluruh siswa-siswi muslim di sman 3 depok,akhi juga termasuk. Nah,kami-kami ini ya pengurus rohisnya. Rohis itu bertujuan sebagai sebuah wadah utama tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan islami di sman 3 depok,selain itu, secara tidak langsung rohis juga berfungsi sebagai pembimbing kegiatan-kegiatan lain di sman 3 depok.

Ardian        :di rohis sendiri kita juga punya banyak kegiatan loh, ngga cuman baca Qur’an ama solat doang. Ada mentoring yang dilakukan setiap minggunya setelah sholat jumat, trus biasanya sebulan sekali bakal diadain kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat tali silaturahim antar pengurus rohis dan juga menambah wawasan,seperti rujak party,bedah buku dan sebagainya.selain itu kita juga punya event-event tahunan seperti peringatan maulid nabi,idul adha,isra mi’raj,launching rohis dan yang paling besar itu ESQ. Belum lagi kegiatan-kegiatan lain di luar program kerja,seperti mabit,buka puasa bareng,tafakur alam,majalah rohis,buletin and pokoknya banyak deh…

Firzi            :di atas itu semua,yang lebih ditekankan di rohis adalah bagaimana caranya membentuk pribadi-pribadi yang berkepemimpinan,dinamis dan islami.ya…sesuai visi sman 3 depok,rohis ingin membentuk kader-kader yang islami,cerdas dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Makanya jangan heran kalo hampir semua orang-orang penting di SMAN 3 depok kaya’ ketua OSIS,ketua MPK,ketua-ketua ekskul dan siswa-siswi teladan adalah jebolan rohis. Karena untuk mencapai sebuah kesuksesan dibutuhkan keseimbangan antara otak,hati dan religi.

Arif            :dan yang pasti itu semua dilakuin dengan cara-cara yang aman dan nyaman buat remaja-remaja kaya’ kita. Gaul tapi islami.

Excel          :oh…gitu ya? Kaya’nya asyik juga tuh.

Ali              :makanya masuk rohis!

Guna          :belum tau enaknya…

Ardian        :ya udah,hari jumat besok akhi dateng aja ke acara mentoring kita! abis sholat jumat di sini.

Excel          :oke deh….

(teeet….tet….,suara bell berbunyi)

arif              : eh udah bell tuh,masuk yu!

(masuk kelas)

Hari Jum’at pun tiba. Setelah sholat jum’at, mushala dipenuhi oleh para ikhwan yang sesdang melakukan mentoring. Kali ini mentor dipimpin oleh para alumni rohis sman 3 depok.

Ali              :Sst,,, excel mana?

Firzie          :Kaga’ tau tuh..Cup, excel mana?

Yusuf         :Meneketehe! Emangnya kenapa sih?

Firzie          :Ngga’, kemarin katanya dia mau ikut mentoring. Mangnya tadi dia ga ikut sholat jum’at?

Yusuf         :Tampang kaya’ dia sholat, kagak mungkin!

Mentor       :Ehem…!

F & Y         :Iya ka, maaf ka’! (salah tingkah)

Guna          :(dari tadi baca Qur’an) Sadaqallah…

Mentor       :Alhamdulillah…mudah-mudahan Allah memberikan pahalanya bagi yang membaca dan mendengarkan. Amin…

Excel          :Assalamu’alaikum…

Ikhwan       :Wa’alaikum salam..

Firzie          :Excel, sini! Ka’, kenalin ni excel, murid baru di smantie. Dia boleh gabung kan sama kita.

Mentor       :Subhanallah, boleh-boleh, (excel duduk) ya udah, kita mulai aja mentor kita kali ini. Gimana nih, mau langsung mulai ke materi ato ada request materi mungkin?

Omen         :Gimana kalo Excel kenalin diri dulu,,soalnya kan kalo ngga’ kenal maka ta’aruf donk..

Mentor       :Oh iya, boleh-boleh silahkan..

Excel          :Hmm, nama gw excel, lengkapnya Vladimir Excel Antonio. Gw pindahan dari Bangkok.

Mentor       :Terus, motivasi ikut rohis?

Excel          :Iseng aja, abis mau berantem, anak-anak smantie baek-baek semua, lagian gue penasaran ama cerita mereka tentang rohis.

Mentor       :Yaa udah materi kita hari ini…

Mentoring pun dimulai, excel yang pada awalnya hanya iseng-iseng aja jadi tertarik dengan materi yang disampaikan. Mentoring itu berlangsung selama hampir 3 jam, waktu yang cukup lama untuk excel sehingga ia terbuka pintu hatinya.

Mentor       :Sekian mentoring kita untuk kali ini, kita akhiri dengan lafadz hamdalah..

Ikhwan         :Alhamdulilllah…

Mentor         :Ya udah, kaka’ pulang dulu ya.

Ardian        :Makasih yaa ka’, minggu depan kita lanjutin lagi.

Mentor         :Insya Allah, Assalamu’alaikum..

Ikhwan         :Wa’alaikum salam..

Firzie          :Gimana sel? Menurut akhi, mentoringnya basi ngga’?

Excel          :Gila, gw ngga’ nyangka’ kalo rohis bisa seasyik ini. Gw…gw… baru nyadar kalo selama ini tuh gue salah. Dan, astaghfirullah…dosa gue tuh udah banyak banget. Gw takut Allah ngga’ bakalan mau ngampunin gw. Gw…(nangis, terus yang lain berekspresi simpatik).

Guna          :Subhanallah, sungguh kuasa Allah tak terbatas. Hari ini Allah udah ngasih hidayah-Nya ke akhi.

Arif            :Tenang aja, sesuai dengan firman Allah surat Al-Furqan ayat 70-71 yang isinya: “Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan orang yang bertaubat dengan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia itu bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.” Jadi, akhi ngga’ usah takut ngga’ diampunin sama Allah.

Excel          :Tapi gimana caranya?

Firzie          :Ya akhi jangan khawatir, Insya Allah kita bakal ngebantuin akhi ko.

Yusuf         :Iya sel, kaya’ sama siapa aja! Kita kan sesama muslim wajib tolong-menolong dalam kebaikan. Santai aja lagi…

Excel          :Thanks ya guys…! Gw ngga’ tau apa jadinya gw tanpa kalian…(ikhwan yang lain berekspresi simpatik).

Omen         :Udah Ashar nih, sholat dulu yu, entar kita terusin lagi.

Akhirnya Excel pun bergabung dengan rohis. Meskipun pada awalnya ia agak sulit menyesuaikan diri, namun ia pantang menyerah. Para pengurus rohis yang lain pun dengan hati terbuka mau membantu dan menerima excel apa adanya…2 bulan  telah berlalu, excel yang sekarang bukan lah yang seperti yang dulu lagi..

Excel          :(membaca Al-Qur’an, all cast. masuk)

Firzie          :Assalamu’alaikum…

Excel          :Sadaqallahul adzim, wa’alaikum salam.

Guna          :Cieee…ceritanya udah rajin nih baca qur’an.

Excel          :Iya dong, excel yang sekarang kan udah beda…

Yusuf         :Ko bisa?

Excel          :(berjalan ke penonton), makanya masuk rohis!

All cast.      :Belum tau enaknya!

Categories: Private but readable | Tags: , , , , | 34 Komentar

Navigasi pos

34 thoughts on “Naskah Drama: 15 Menit Menuju Taubat by ME!

  1. jiakakakaka kan itu mah elo yg bagian kerennya

  2. aa ecep

    subhanaLloh. Bagus sekali. pesan qurani dan ajakan berbuat baik terkandung di dalamnya. Pokok na mah…gaul pisan bahasana.

  3. berharap tak hanya drama.. firzie yg dulu lg kmana ni?😉

  4. mujie

    subhanallah.
    bagus bgt..🙂

  5. fadwa

    enak ni crita ny.. subhanallah deh, admin kreatif na spa ane mau knalan ,,.. heheh!!!

  6. fadwa

    apakah blh d copas…
    may i Copas this Drama…

    • Boleh, silahkan saja. asal tetap cantumkan nama saya sebagai pembuatnya ya.
      Nama saya Firzie Ravasia dari Sampoerna School of Education
      Terima kasih🙂

  7. Rizqi Muflikhah

    makasih buat contoh teks dramanya

  8. kak, izin copas + ngerubah yah, di kelompok drama saya ada perempuannya soalnya, dan di sekolah kami ngga ada ROHIS, jadi.. mohon izinnya kak

  9. Sandi Windu Prasetyo

    Izin copas, mau dijadikan film..boleh ya akhi …^_^

  10. Sandi Windu Prasetyo

    Drama Kehidupan😀

  11. halo kakak, aq pengunjung baru blogmu ceritanya bagus
    boleh ngk klo aku pake naskah ini buat dramaku disekolah
    boleh yaaa

  12. permisi…
    aku ijin adaptasi cerita ini buat drama sekolah boleh? nggak full semua sih, tapi ide pokoknya.
    ntar pas pentas ada credit/disclaimer kok
    makasih sebelumnya ^^

  13. hajir

    izin copas mas sekalian ane edit ya, pesan2 dlm drama ini pasti utuh,hehe

  14. khairina

    Woow…kerenn… Nie
    Mmm na izin copas bleh tpi cma intix adja xc klo yg lainx nggk….
    Mmmm…. Btw nmax spa lpa??

  15. zohan

    ijin ka, pinjem dramanya, buat drama d pengajian sya, sya zohan santri DTA al muhajirin kota bekasi

  16. Kasman Deu

    Saya minta izin pinjam yah, drama ini saya akan gunakan pada saat pelantikan. Syukron.

  17. Wachid Shodiq

    izin pinjam yah

  18. Subhanallah, cerita drama rohisnya keren (y)

  19. kak saya izin copaas naskah nya buat tgas kdrama di sekolah boleh ya..

  20. Jihan Kurniawan

    Kak izin copas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: